Blogger Camp 2015 Surabaya : Pentingnya Sosialisasi Antar Blogger Untuk Menunjang Kredibilitas Blog



Apakah Blogger Camp itu? 

Sebelumnya saya juga awam dan belum pernah mendengar tentang event ini. Karena memang saya baru aktif ngeblog belum genap 2 tahun. Aktif ikut komunitas dan ikut kegiatan blogger pun baru 3 bulan terakhir ini. Saya langsung buka website nya di http://bloggercamp.id untuk mengetahui lebih jauh, karena tiba-tiba mbak Yuni mengajak saya untuk membantu dia sebagai panitia daerah Surabaya.

Blogger Camp adalah acara kumpul blogger untuk memperingati dan merayakan Hari Blogger Nasional. Konsep acara ini menginap selama 2 hari 1 malam dengan acara unggulan Sharing Session antar blogger dan Talkshow dengan topik yang sedang tren yang akan di bahas oleh nara sumber ternama.

Ternyata acara ini sudah menjadi agenda tahunan, untuk memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 27 Oktober. Dan tahun ini, Blogger Camp dilaksanakan secara serentak di 4 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Makasar dan Purwokerto. Sudah direncanakan untuk tahun-tahun selanjutnya akan bergantian atau bahkan kotanya di tambah lagi. 

Bagaimana keseruan Blogger Camp di Surabaya? Ikuti cerita saya, yang terbingkai dalam foto-foto berikut ini.

Meeting Point Di Yello Hotel

Sesuai rundown, untuk meeting point daerah Surabaya berkumpul di Hotel Yello di jalan Jemursari. Sejak pukul 13.00 WIB sudah mulai berdatangan blogger-blogger Jawa Timur yang akan ikut memeriahkan blogger camp di Taman Dayu. 

Para blogger sudah berkumpul di meeting room hotel Yello
Mas Rinaldy Purwanto memberikan pengarahan kepada peserta Bloggercamp
Mas Diki & mbak Widya sebagai perwakilan dari manajemen Yello Hotel
Jamuan coffee break 
Dekorasi yang unik dan beda di pintu masuk hotel Yello
Bersama Swastika Nohara, penulis skenario yg ngehits
Foto bersama manajemen Yello sebelum berangkat, di pintu masuk hotel
Menunggu bis Big Blue Bird
(dokumentasi : nuzulul arifin)
Perkenalan dari Blue Bird sekaligus berdoa sebelum berangkat
Keriangan di dalam bis menuju Taman Dayu

The Pines Taman Dayu - Lokasi Blogger Camp Surabaya

Setelah melalui perjalanan yang cukup mencekam tapi seru, akhirnya kami sampai di titik poin tempat acara Blogger Camp akan berlangsung, yaitu The Pines Taman Dayu. Semua peserta berkumpul di pendopo Bale Segawe. 

Di mulai dengan makan malam yang selanjutnya dialog dengan salah satu sponsor yaitu dari Blue Bird. Malam itu memang kesempatan bagi semua blogger yang juga pengguna layanan taksi Blue Bird untuk bisa menyampaikan uneg-uneg atau masukan. Selain menyarankan untuk meng-upload aplikasi di androin, pihak Blue Bird juga menyarankan blogger untuk meng-follow twitter nya yaitu @Bluebirdgroup.
Makan malam 
Presentasi dari salah satu sponsor acara yaitu Blue Bird
Para penanya mendapat hadiah souvenir dari Blue Bird
(dokumentasi : didik jatmiko)
(dokumentasi : didik jatmiko)
Keseruan acara api unggun (dok: nuzulul arifin)
Bakar jagung adalah acara yang mendekatkan para blogger
Ngipasin dan bakar jagung saling bergantian
Pukul 12.30 saya kembali ke tenda untuk beristirahat. Karena besok sudah menunggu agenda yang lebih padat. Apalagi akan di mulai sejak pagi hari. Akhirnya, tidurlah saya dengan lelap di antara suara jangkrik dan bunga pinus kering yang berjatuhan.

Menikmati pagi di Taman Dayu


Saya terbangun ketika mendengar suara resleting dari tenda sebelah seperti di buka. Merasa punya teman yang sudah bangun, akhirnya saya turut membuka resleting tenda untuk keluar. Ternyata mbak Dwi Permitasari dengan seorang blogger hendak menunaikan sholat subuh. Akhirnya saya dan mbak Tika turut mereka bersama ke kamar mandi.

Setelah cuci muka, wudhu dan sholat subuh, sayapun kembali ke tenda. Mbak Tika ternyata kembali melanjutkan mimpinya. Sedang mbak Febri dan mbak Yuni masih nampak terlelap. Tidak terusik oleh suara beberapa rekan blogger yang sudah bangun.

Saya sengaja ingin menunggu sunrise, meskipun agak pesimis. Karena sekeliling tertutup oleh pohon yang sangat tinggi. Jadi sepertinya tidak akan jelas terlihat. Ternyata benar. Tidak lama suasana sudah terang benderang, padahal jam masih menunjukkan pukul 04.50. Kalau di Surabaya pasti masih tampak gelap sekali.

Tidak mau kehilangan momen yang indah, akhirnya saya mencoba mengambil beberapa gambar dalam suasana pagi dan masih tenang.

Saat sunrise tapi tidak nampak dari Taman Dayu
Pohon pinus dan guguran daun-daun menambah eksotis suasana pagi (dokumen pribadi)




Pukul 6 tepat, para blogger sudah bersiap untuk melaksanakan senam pagi. Meskipun belum semuanya hadir, tapi sebagian besar peserta sudah tampak berkumpul di pendopo dengan kostum kaos Blogger Camp putih dan celana olah raga. Senam pertama di komandoi oleh mbak Dwi Permitasari. Selanjutnya mas Wijaya mengajak peserta untuk senam aerobik. 
Senam pagi bersama

Talkshow : Sharing & Inspiring

Pukul 8 pagi lebih sedikit, peserta kembali berkumpul di pendopo untuk sarapan pagi. Selanjutnya adalah acara Sharing & Inspiring dengan menghadirkan 3 nara sumber yang sangat cetar di dunia per-ngeblog-an. Dan diharapkan bisa membantu para blogger untuk bisa membangun kredibilitasnya di blog mereka masing-masing selepas acara ini.

3 nara sumber tersebut adalah:
1. Swastika Nohara
2. Frenavit
3. Yayat Sudrajat

Sharing kali ini di buka oleh Swastika Nohara atau lebih akrab di panggil Tika. Seorang penulis skenario film yang sudah menyelesaikan  5 judul film. Yang menjadi catatan saya adalah :

- Tulisan di blog adalah suara hati kita, jadi harus hati-hati
- Harus bisa mebagi waktu antara kegiatan utama dan ngeblog sebagai penunjang 
- Ngeblog yang awalnya hanya hobi, bisa menjadi penunjang profesi

Nara sumber ke 2 adalah Frenavit Putra yang ngakunya Tukang Kabel asli arek Mojokerto. Tapi kali ini dia menyoroti fenomena akhir-akhir ini yaitu sebutan "blogger amplopan". Kisahnya seputar dunia blogging dan IT sempat membuat saya melongo. Sungguh keren dan luar biasa menurut saya. Ada beberapa hal yang masih saya ingat yaitu :

1. harus cermat dalam memilih konten baik yang berbayar maupun yang gratisan.
2. dibutuhkan keberanian untuk menawarkan diri secara profesional karena kemampuan kita, karena itu akan mendukung kredibilitas kita sendiri.
3. rajin menulis artikel untuk menunjukkan kredibilitas kita.

Nara sumber yang ke 3 adalah Yayat Sudrajat atau panggilan akrabnya kang Yayat. Beliau memperkenalkan diri sebagai blogger yang sudah "senior", dan akhir-akhir ini jarang up date artikel. Tapi itu tidak lantas membuatnya tidak pernah menengok blog teman-teman. Karena dia tahu ada beberapa tulisan temannya yang biasa berbagi informasi yang berguna buat yang lain. Tulisan semacam itulah yang sering di cari. Untuk itu dia menyarankan supaya kita lebih banyak menulis tentang hal-hal yang positif sehingga masih sering dikunjungi oleh teman yang lain.

Blogger menyimak serius materi yang disampaikan nara sumber

Suasana ketika bermain fun game

Kembali Ke Surabaya

Pukul 16.15 WIB sudah ada aba-aba dari mbak Febri supaya para blogger segera berkemas dan mempersiapkan diri untuk kembali ke Surabaya. Ada rasa sedih dan haru, ketika kebersamaan ini ternyata harus segera di akhiri. Kami harus kembali pada kegiatan masing-masing. Acara kali ini cukup menyenangkan karena di dukung oleh sponsor yang keren : IndosatTauzia GroupSun Pride IndonesiaNet TV (khusus Jakarta), kaos Uteesme dan lainnya. Baik yang berkontribusi besar maupun kecil. Karena tanpa dukungan dari sponsor, acara ini tidak mungkin terlaksana dengan lancar dan sukses.

Kebersamaan yang indah
Para panitia pusat dan Surabaya
Tetap antusias dan ceria ketika menuju pulang

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kegiatan blogger camp ini adalah pentingnya kekompakan dan komunikasi dalam segala bidang. Demikian juga dalam menekuni dunia blogging. Salah satu peran penting dalam membangun Kredibilitas Blog adalah aktif bersosialisasi, baik dengan sesama blogger maupun kegiatan semacam blog walking.


Sampai jumpa di Blogger Camp tahun 2016










Komentar

  1. Seru euy, semoga tahun depan bisa ikut gabung di acara seperti ini. Bisa makan jagung, ketemu blogger lain, dan belajar dari blogger-blogger keren lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas sandi....
      sayang kemarin nggak bisa ikut ya?
      teman dari malang banyak lo.... msh muda2 lagi
      tahun depan hrs sdh dikosongkan jadwalnya...secara sekarang sdh jadi blogger seleb hehehehe

      Hapus
  2. Acaranya memang mantapppppp bahkan sampai pukul 02.30 WIB (dini hari) baru bisa tidur hehehe.... Asyik ngobrolllll dan sharing session ma temen-temen, mumpunh ketemu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas didik...
      kalo inget acara game jadi ketawa,
      wong tuwek2 dikerjain gitu ya hehehe

      seneng bisa kenal blogger bojonegoro,
      semoga nanti bisa ada acara lg yg mempertemukan kita di surabaya...

      terima kasih ya....

      Hapus
    2. Sama-sama ibuk...

      Seneng juga bisa berdinamika dengan Blogger Se-JATIM !!! JATIM Kompak !!!

      Hapus
    3. yeaaaa..... kekompakan masih akan di uji minggu depan ya hehehe

      Hapus
  3. Aih itu ada blogger sangat senior ha ha ha .... senior ama lapuk beda loh mbak ... lapuk cenderung gak produktif ... cuman bisa bunyi kayak saya kemaren ha ha.
    Suwun atas apresiasinya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang YS...
      nggak ada tuh istilah blogger lapuk...
      senior dong, krn mmg jam terbangnya udah lebih dulu...
      kalo masalah kurang produktif, kan mmg kita ngblog untuk fun aja.... kalo ada pekerjaan utama jangan sampai terganggu dong...

      terima kasih sharingnya ya kang....

      Hapus
  4. Selamat Hari Blogger Nasional ^_^

    Sepertinya nggak bakalan move on dari momen ini ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa mbak ammah....hiks
      terkentang-kentang selalu hihihihihi

      tahun depan ikuta ya?

      Hapus
  5. kerennn banget mba...dah ngebayangin deh betapa sibuknya mba avy and team ya...seruu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak ika.... seru dan heboh banget
      banyak blogger yg baru kenal, dari seluruh jawa timur
      tapi ketika di sana udah kayak temen lama
      seneng banget mbak...

      kok yg di jakarta nggak ikutan dirimu?

      Hapus
  6. Mbak, mbaaak... Mungkin Yello Hotel bs jadi destinasi Gerebek KPK bulan November :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak nurul....
      nanti coba deh di tembusi... saya blm yakin
      soalnya masih baru banget sih

      Hapus
  7. Kece badai emak panitia satu ini, semoga tahun dpan makin seru dan makin banyak hadiah nya. Blogger amplopan #eehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. cah ayu niar....
      heboh karena ada dirimu sih... komandan semut hihihihi
      semoga tahun depan banyak sponsor ya
      gak usah amplopan, vocheran aja juga mau....wuiih geleman hehehehe

      Hapus
  8. Selamat Hari Blogger Nasional..
    Semoga tahun depan ada even ramai seperti ini lagi, dan semoga bisa kompak dari seluruh Indonesia.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niiihhh.....komandannya mampir di mari hehehehe

      bu Jun, makasih udah di ajak camping ya,
      semoga tahun depan lebih meriah lagi....
      semoga dirimu selalu sehat dan bisa ngajak teman2 blogger ke acara yang seru kayak gini... aamiiin....

      Hapus
  9. Dapat ilmu, seru gamenya, kumpul bareng yang asyik, lengkap ya, Mbak, acara Blogger Camp ini. Seneng dan berkesan banget tentunya. Semoga ngeblognya makin semangat dan sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Akhmad....nggak hanya seru lo tapi jg serem hehehehe

      terima kasih kunjungannya...salam

      Hapus
  10. seru ya mba, sayang saya ga kepilih di envent ini, semoga tahun depan kepilih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak yul.... tahu gitu tak ajak di surabaya hehehe

      moga2 tahun depan saya jg masih bisa ikutan :)

      Hapus
  11. seru ya ramerame para blogger pada kumpul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget mbak putri...
      tahun depan coba ikutan deh,
      pasti seneng bs ketemu teman blogger dari luar daerah

      Hapus
  12. Wah seru melihat keseruan kalian :), dan saya ngikutin dari soc med

    Semoga tahun depan bisa ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget mbak vika....moga2 tahun depan bisa gabung ya :)

      Hapus
  13. Aaaakh seru banget :3 itu bloggercamp dilakuin serentak dibeberapa kota ya dulu :3 duh, aku nggak ikut --_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun depan harus ikut kang...rugi deh kalo nggak ikut lagi *kompor
      hehehe

      Hapus
  14. Tahun ini apa ada lagi acara kaya gini ya

    BalasHapus
  15. Wah mantap ini kalo 2017 ada lagi acaranya hoho

    BalasHapus

Posting Komentar