Novotel Surabaya : Hunian Yang Nyaman Untuk Liburan

Fungsi hotel sekarang tidak sekedar tempat persinggahan atau menginap sementara ketika kita berada di luar kota. Tapi lebih fleksibel, yaitu sebagai tempat liburan bersama keluarga atau hiburan untuk melepas penat dari rutinitas. Dan sudah banyak hotel yang tahu akan kebutuhan konsumen tersebut. Sehingga kita tinggal mencari hotel yang konsepnya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Salah satu hotel berbintang yang mengetahui kebutuhan masyarakat masa kini adalah Novotel Surabaya Hotel & Suites, yang berlokasi di jalan Ngagel 173-175 Surabaya. Dan memang layak di sebut sebagai "resort in the city", karena letaknya di jantung kota dan pusat bisnis Surabaya. Hotel bintang 4 ini mempunyai fasilitas yang bikin pengunjung ketagihan karena keindahan dan suasana yang betul-betul nyaman dan asri. Di samping konsep yang berbeda dengan hotel yang lain, Novotel turut mendukung program dunia untuk menghijaukan lingkungan yaitu "Go Green".

Foto : Hotel Murahku
Pada hari Sabtu 16 Oktober 2015 lalu, kami 14 blogger Surabaya di undang secara khusus oleh manajemen Novotel untuk menginap dan menikmati segala fasilitas yang ada. Dengan tujuan turut merayakan ha Blogger Sedunia 27 Oktober 2015, dilaksanakan selama 2 hari bertepatan saat weekend.

Berikut ini adalah pengalaman saya selama menginap di hotel yang banyak di sebut sebagai "Resort In The City"nya Surabaya. Pengalaman yang seru, senang dan penuh kesan bersama teman-teman blogger lainnya, saya bingkai dalam cerita bergambar. Dengan harapan, semoga bisa menggambarkan keindahan pemandangan dan keadaan di sekitar Novotel itu.

Pukul 12.00 tepat saya sudah memasuki lobi Novotel yang siang ini tampak tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Saya hanya melihat beberapa tamu sedang berada di reception desk. Saya langsung menuju ruang tunggu yang letaknya sedikit turun dari lobi utama, namanya Dahana Lounge.

Tampak ada beberapa kursi untuk tamu dengan aneka furniture dari ukiran kayu jati. Kental sekali nuansa Indonesia. Di sudut kanan ada bar dengan nama Dahana Lounge Bar. Tampak seorang bartender, belakangan kami ketahui namanya Jefri sedang menyiapkan minuman untuk tamu yang baru datang.

Beberapa rekan blogger yang sudah datang, tampak sedang berbincang dengan mas Kus Andi, Marketing Communicaiton Novotel Surabaya. Ada juga yang duduk santai sambil menikmati welcome drink yang sudah disediakan. Saya melihat sebuah meja billiard terletak di tengah ruangan tersebut. Sepertinya difungsikan sebagai hiasan, karena bentuknya yang cukup artistik dan indah. Saya lupa menanyakan ke mas Kus Andi, apakah meja tersebut juga bisa digunakan?

Kemudian saya berfoto di samping sebuah lemari hias juga terbuat dari kayu, yang isinya botol-botol wine dari berbagai tahun pembuatan.

Foto di bawah ini adalah team Konek yang menyempatkan bergaya di ruang Dahana, setelah melakukan rapat kecil di Taman Bungkul. Waktu itu menunjukkan pukul 22.00 WIB, beruntung lobi hotel juga tidak terlalu ramai. Jadi kami bisa mengabadikan momen yang bersejarah itu dengan narsis berjamaah.

Hotel & Apartemen

Lobi apartemen Novotel
Berikut adalah foto-foto kamar apartemen dari berbagai sudut dengan segala macam fasiitas dan pernik-perniknya.

Apartemen yang terdiri dari 10 lantai
Menikmati keindahan pemandangan dari lantai kamar apartemen
Anda juga bisa memilih kamar yang tepat dan sesuai keinginan, dari referensi serta review pengunjung yang pernah menginap dan menikmati fasilitas Novotel. Terutama untuk memilih kamar dimana kita bisa menikmati keindahan view hotel yang asri dengan membuka link Trip Advisor.

Meeting Room

Kolam Renang

Salah satu fasilitas yang paling disukai tamu hotel dan menjadi tempat yang menyenangkan pengunjung di Novotel adalah kolam renang. Airnya begitu jernih dan biru, tandanya cukup bersih dan segar untuk di pakai berenang. Kolam renangpun terbagi dalam beberapa area, dengan desain yang cukup artistik.

Kolam renang di lihat dari lantai 10 apartemen

Gym & Fitness Center

Fitness Center adalah salah satu fasilitas pendukung yang disediakan oleh Novotel untuk para pengunjung. Tapi sebenarnya bukan pengunjungpun bisa juga menikmati fasilitas tersebut, dengan cara menjadi member. Seperti tampak dalam gambar, para blogger sangat menikmati fasilitas yang ada dan mencoba segala macam peralatan yang ada. Tentu saja hasilnya tidak bisa langsung kelihatan, lha wong nyobanya cuman setengah jam hehehehe :)

Tapi tidak hanya fasilitas di fitness center saja, para blogger juga mendapat kesempatan untuk mengikuti senam yoga yang diajarkan oleh mas Heri.

Food and Beverage

Novotel mempunyai 3 tempat dimana pengunjung bisa menikmati aneka menu makan dan minuman. Lokasinya pun disesuaikan tempat dimana pengunjung sedang menikmati suasana.

Dahana Lounge Bar

Letaknya di lobi hotel berbentuk mini bar. Biasanya bartender meracikkan minuman welcome drink untuk pengunjung hotel yang baru datang.

Janggala Restaurant

Restoran yang menyediakan segala macam menu makanan dan minuman, baik yang Indonesian Food maupun Western. Biasanya tamu hotel mendapat fasilitas makan pagi di restoran ini. Tapi juga melayani untuk makan siang dan malam. Karena Janggala Restaurant buka dari jam 6 padi sampai jam 11 malam.

Seperti biasa, sebagai menu pembuka dimanapun saya menginap pasti adalah bubur ayam. Dan hampir semua hotel sama, dalam hal cita rasa dan toping yang disediakan. Sayapun tidak pernah mengambil yang beraneka macam. Hanya potongan cakue, abon, ditaburi irisan daun bawang dan kecap manis. Cukup itu saja. Untuk minuman, saya ambil jus kiwi. Sekalian irisan buah, wortel, daun selada dan irisan roti untuk salad sebagai pencuci mulut.

Selanjutnya saya mulai mengambil makanan berat. Tapi ternyata perut saya sudah cukup kenyang dengan menu pembuka tadi, sehingga saya tidak terlalu banyak mengambil nasi dan lauk pauk. Tumben banget ya hihihihi.

Sebagai penutup, saya tetap tidak bisa meninggalkan kopi sebagai minuman "pembangkit energi" tiap pagi. Ditemani cake marmer yang heemmmm lembut dan lumer di lidah. Sepertinya akan membuat hari minggu saya kali ini jadi makin indah. Betul-betul sarapan yang emaijing

Oh iya....ada sedikit cerita ringan, waktu sarapan pagi. Kebetulan ada kursi kosong di samping saya. Tiba-tiba seorang suster minta ijin untuk memakainya sebentar. Dia dengan seorang anak perempuan mungil, belakangan saya tanya namanya Masha. Dari cerita suster saya mengetahui kalau mereka berasal dari Jakarta, sedang liburan di Surabaya. Selain suster, Masha tentu saja bersama kedua orang tuanya. Hampir setiap bulan selalu meluangkan waktu untuk berkunjung ke Surabaya dan selalu menginapnya di Novotel. Tentu saja bisa di tebak, karena lingkungan di Novotel juga sangat bagus untuk anak-anak yang membutuhkan udara segar dan alami. Apalagi di sana juga disediakan bermacam wahana bermain untuk anak-anak selain kolam renang. Dari cerita susternya Masha, saya sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa Novotel sudah menjadi tujuan favourite untuk berlibur keluarga yang berasal dari luar kota.

Naaahh....balik lagi cerita tentang kuliner. Selain resto Janggala, tempat kuliner di Novotel adalah Splash Bar. Tempatnya sedikit terbuka, dan letaknya di pinggir kolam renang hotel. Dekorasinya mirip mini bar. Kursi kecil berkaki tinggi yang berjajar dan berhadapan langsung dengan chef yang langsung meramu makanan serta meracik minuman.

Splash Bar

Lokasinya di samping kolam renang hotel. Tentu saja kebanyakan melayani tamu hotel yang sedang bersantai menikmati pemandangan atau yang sedang berenang. Bar ini juga di pegang oleh seorang Chef.

Pada kesempatan tersebut, para blogger akan di ajak membuat makanan khas Itali yaitu Pizza. Di sambut langsung oleh Chef Fariq, yang akan berbagi ilmu dalam meracik sampai proses pembuatannya.

Fasilitas Hiburan Untuk Anak-anak

Novotel menyediakan wahana untuk anak-anak berekspresi. Antara lain kelas menggambar mewarnai, outbond dan kebun binatang kecil yang berisi beberapa rusa.

Keunggulan Memilih Novotel :

1. Cukup 30 menit dari Bandara Juanda, Bungurasih dan 15 menit dari Joyoboyo.
2. Akses dari Kebun Bintang Surabaya dan Taman Bungkul
3. Jalur angkutan publik yang mudah di akses kemana saja.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan detail, kalian bisa buka link Trip Advisor. Atau buka websitenya Novotel Surabaya.