Beradu kreatifitas dalam K-pop Dance & Sing Cover Competition di YELLO Hotel Jemursari

Pembukaan K-pop & Sing Cover Competition (dok.pri)

Korean pop atau yang lebih dikenal dengan K-pop adalah genre musik populer asal Korea. Biasanya musik-musik yang dikategorikan dalam genre K-pop terinspirasi dari jenis gaya musik lainnya seperti musik pop barat, rock, jazz, R&B, electronic dan hip-hop. Kegemaran akan musik ini pada awalnya dibawa masuk oleh drama-drama yang sudah terlebih dahulu tayang di layar kaca Tanah Air. Konser grup K-pop, Super Junior bertajuk Super Show 4 pada April 2012 menjadi momentum hebat yang menandai ledakan demam K-pop di Indonesia. 

Dengan momen itu, YELLO Hotel Jemursari gelar K-pop Dance & Sing Cover Competition yang berlokasi di drop off lobby area. Kegiatan ini bertujuan menjadi wadah bagi para muda-mudi mengekspresikan dirinya, utamanya bagi para pecinta K-pop yang tak jarang mendapat diskriminasi dari lingkungan sekitar. Dilangsungkan pada hari minggu 29 Juli 2018, dengan memungut biaya pendaftaran Rp 100.000 per tim untuk kategori dance cover dan Rp. 50.000 per orang untuk kategori sing cover. Event ini hadiri kurang lebih 250 orang. Terdapat 26 tim dari kategori dance cover dan 24 peserta dari kategori sing cover yang akan beradu bakat dan merebut hadiah total senilai Rp. 8.000.000. 

Penampilan salah satu peserta (dok. Yello Hotel)

“Kami harap kegiatan ini dapat memberi inspirasi dan semangat kepada kaula muda untuk mengekspresikan diri dengan positif. Apalagi di zaman sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang seperti seks bebas, konsumsi obat-obatan terlarang dan tindakan kriminal lainnya.” ujar Ita Tania, Hotel Manager YELLO Hotel Jemursari. 

Kompetisi ini terbagi menjadi 5 sesi agar para peserta dapat mempersiapkan kebutuhannya secara maksimal. Selain itu juga agar mempermudah proses penjurian. Tepat pukul 16.00 kegiatan dibuka dengan performance dari juri yang disambut teriakan histeris para penonton, kemudian memasuki sesi 1 kompetisi. Peserta yang mengikuti kompetisi ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, mulai dari Sidoarji, Malang, hingga Blitar. 

Juara I K-pop Dance (dok. Yello Hotel)

“Banyak sisi positif yang dapat kita petik dari kegiatan ini, salah satunya adalah akulturasi budaya. Mempelajari budaya negara lain tanpa menghilangkan budaya kita Indonesia. Kaula muda juga bisa belajar menguasai bahasa Korea yang akan menambah ilmu dan wawasan serta dapat menguasai bahasa asing,” kata Aris Luhur, Event Coordinator YELLO Hotel Jemursari. 

Dengan atmosfer kompetisi yang menegangkan, berbagai games hadir bagi para peserta untuk sejenak menghibur diri disela-sela waktu istirahat. Kompetisi ini juga turut dimeriahkan oleh performance dari Project One dan Virgo yang sejak tahun 2012 hingga sekarang terjun di dunia K-pop dan telah memenangkan berbagai macam penghargaan. 

Ivory, berawal dari hobi yang sama 

Salah satu peserta K-pop dance yang ikut adalah Ivory.  Grup dance cover yang baru berusia satu tahun itu sudah banyak menjuarai berbagai perlombaan dance cover yang diadakan baik di Sidoarjo dan Surabaya. Dari 4 kali perlombaan, mereka berhasil merebut juara sebanyak 3 kali. Satu prestasi yang cukup membanggakan dan akan selalu dipertahankan.

Personil dari Ivory (dokumentasi pribadi)

Berawalnya dari sebuah komunitas bernama WM Entertainment yang berlokasi di Sidoarjo, tapi anggota groupnya banyak juga yang berasal dari Surabaya. Grup dance cover yang beranggotakan Mega, Novi, April dan Dinda ini berkiblat pada grup Blackpink yang dikenal powerful dan lebih berani dibandingkan dengan K-pop group lainnya. 

"Motivasi kami ikut perlombaan adalah ingin menyalurkan hobi yang kebetulan sama-sama suka dance. Kalau bisa menang, muncul kepuasan tersendiri dan membuat semangat lebih giat berlatih lagi." jelas Mega yang sekaligus sebagai leader dari Ivory. 

Meskipun dari latar belakang pendidikan yang berbeda, tapi member Ivory masih bisa meluangkan waktu untuk berlatih meskipun kadang waktunya mepet sebulan sebelum lomba. Ada yang masih duduk di bangku SMP, SMA, kuliah maupun yang sudah bekerja seperti Mega. Karena menurut mereka, yang utama adalah dukungan dan doa dari orang tua. Sehingga mereka semakin bersemangat dalam mengembangkan bakatnya.

Buat kalian yang ingin tahu lebih banyak mengenai YELLO Hotel Jemursari, silahkan klik www.yellohotels.com atau follow @yellojemursari on social media!

Komentar