Semalam di El Royal Hotel & Resort Banyuwangi serasa pulang kampung

Ada sepeda yang disediakan untuk pengunjung (dok.pri)


Di penghujung bulan Desember lalu, tepatnya di tanggal 19-20 Desember 2018. Saya bersama beberapa rekan media mengikuti undangan dari Manajemen XL Axiata liputan sekaligus liburan akhir tahun di kota Banyuwangi. Wah surprise dan seneng banget dong, ketika mas Ibnu Humas XL Surabaya menyampaikan langsung undangan itu. Sudah terbayangkan trip yang seru. 

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang pengen banget saya kunjungi. Terakhir kali saya ke Banyuwangi pada bulan Desember 2016 waktu acara HUT Pertamina. Itupun mentok hanya di Pantai Watu Dodol, tidak pakai nginap. Tapi saya sudah cukup dibuat kagum akan keindahan alam kota Banyuwangi yang semakin bersinar sejak di pegang oleh bapak Bupati Azwar Anas. Saat itupun dalam hati berharap untuk suatu saat bisa kembali berwisata ke kotanya. 

Dan alhamdulillah harapan saya terkabul di penghujung tahun 2018 ini. Tidak hanya menikmati kotanya dan kulineran khas Banyuwangi saja, tapi juga bermalam karena memang acara berlangsung selama 3 hari.

Hotel El Royal adalah tempat yang di pilih untuk tempat beristirahat semalam, sebelum melanjutkan lagi acara-acara yang ternyata cukup padat. Lokasinya agak dipinggiran kota, tapi hotel yang berkonsep resort itu sangat asri dan alami. Sekelilingnya masih banyak sawah dan pemandangan hijau daun.


Rabu sore rombongan sudah check in, termasuk saya dan mbak Nurul yang menjadi teman satu kamar. Ketika menuju ke kamar, saya semakin kagum dengan pemandangan yang saya lihat. Banyak taman terbuka disekeliling hotel sehingga membuat semakin asri. Ada juga fasilitas kolam renang, spa, gym dan area bermain untuk anak sehingga hotel ini memang cocok untuk keluarga yang pengen liburan atau menikmati akhir pekan. Pihak hotel juga berencana menyiapkan keanggotaan Club House untuk pelanggannya.



Kami mendapat kamar di lantai 2. Ketika masuk kamar, langsung pandangan tertuju ke twin bedroom yang rapi dan elegan dalam nuansa hitam putih. Ada hiasan sebuah lukisan serta lampu meja di kanan kiri yang menambah ornamen begitu artistik dan khas tradisional banget. El Royal Hotel ini tampaknya memang mengangkat kekhasan budaya Banyuwangi, mulai dari gaya arsitektur hingga ornamen penghias hotel.


Di depan tempat tidur tampak meja panjang, televisi, mini bar dan lemari besi yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan minimalis, meskipun sebenarnya kamar cukup luas dan lapang.




Selanjutnya saya mengintip ke arah kamar mandir. Sebenarnya di semua hotel yang pernah saya datangi, konsep kamar mandi hampir sama semua. Kadang yang membedakan di bath up. Beberapa ada yang menyediakan bath up tapi hampir kebanyakan menggunakan shower. No problem, selama masih ada pilihan air panas atau dingin.



Dan yang keren, kamarnya ada lobi lho gaes. Kita bisa menikmati pemandangan alam yang cukup indah dan alami diselingi udara segar sambil menikmati secangkir teh atau kopi di pagi dan senja hari.


Kamis pagi, pukul 6 persis saya dan mbak Nurul turun ke restoran untuk makan pagi. Sengaja on time karena pagi ini kita sudah harus cek out jam 8 untuk melanjutkan perjalanan ke acara berikutnya yang lokasinya sedikit jauh dari hotel.



Biasanya menu yang pertama saya cari adalah salad dan buah-buahan segar. Itu sudah otomatis, karena saya selalu memilih fresh fruit untuk mengisi perut di pagi hari. Dan menu segar di El Royal kali ini cukup memuaskan bagi saya, karena pilihan buah juga cukup banyak. Terutama buah-buahan lokal seperti anggur bali, salak dan jeruk manis.




Sedangkan menu yang saya pilih untuk menjadi sarapan pagi saya kali ini, seperti biasa cukup simpel dan menyehatkan menurut saya hehehe.

Sebelum meninggalkan hotel, saya sempat naik sepeda untuk menikmati sekeliling hotel. Memang pihak hotel menyediakan beberapa unit sepeda yang disediakan untuk pengunjung, bila pengen melihat pemandangan di sekeliling hotel.


Sayang banget kenapa hanya semalam ya hehehe. Tapi meski cuma semalam, cukup berkesan dengan segala fasilitas dan pelayanannya yang maksimal. Hotel bintang 4 ini sangat rekomended buat beristirahat dan berlibur. Apalagi kebetulan lokasinya sangat dekat dengan bandara udara Blimbingsari Banyuwangi. 

El Royal Hotel & Resort beralamat di jalan Raya Jember KM 7, Pakistaji, Banyuwangi, Dusun Krajan, Dadapan, Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461 dengan telpon (0333) 3382999. 

Komentar

  1. THE BEST HOTEL and resort I've ever stayed at!
    Sueneeenggg banget bisa nginep semalam di mari.
    Bismillah.... semoga 2019 ada kesempatan buat staycation di sini lagiiiiii!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking nyamannya, aku sampe tidur nyenyak banget hehehe

      Hapus
  2. Pernah menginap disini. Senang banget bisa dapat kamar yang ada balkonnya, bisa memandang luar. Sayangnya waktu itu belum ada sepeda. Mau ke musholla atau masjid ya yang pojokan itu dan berbatasan dengan kampung, lumayan capek jalan. Secara aku abis ngetrip.

    BalasHapus
  3. kerasan kayaknya mbak saya kalo nginap di sana, asri.

    BalasHapus

Posting Komentar