Pesona Si Kembang Goyang

Bicara tentang hotel, pasti tidak jauh akan membahas pula segala fasilitasnya. Terutama yang paling sering dibicarakan adalah tentang restorannya. Begitu juga di Discovery Hotel Ancol Jakarta. Ada beberapa resto yang terdapat di hotel berbintang 4 tersebut. 

1. Lobilobi Lounge

Lobilobi Lounge (foto dari website Discovery Hotel Ancol)
Dari lobi depan, yang tampak mencolok adalah satu sudut yang namanya Lobilobi Lounge. Disana menyediakan aneka macam cake, makanan dan minuman ringan. Bisa menjadi tempat santai bertemu teman atau kolega dengan suasana Betawi yang modern. Terletak di lantai 1 atau lobby level, Lobilobi Lounge ini buka setiap hari selama 24 jam.

2. Teratai Chinese Restaurant

Teratai Chinese Restaurant (foto dari website Discovery Hotel Ancol)
Resto dengan nama Teratai Chinese Restaurant ini terletak di lantai dasar. Dengan menyajikan menu masakan yang berasal dari provinsi Cina dan disiapkan oleh Chef asli dari negeri China. Lokasi yang menghadap ke pemandangan kolam renang serta menampilkan gaa masak Kanton, akan meninggalkan kesan yang ramah dan santai. Restoran yang buka setiap hari pada pukul 11.30-14.30 dan 18.30-22.30 ini pernah mendapat anugerah sebagai salah satu Jakarta Best Chinese Restaurant di Hotel Borobudur Jakarta.

3. Discovery Sky

Discovery Sky (foto dari webstie Discovery Hotel)
Kalau konsep dari Discovery Sky ini adalah satu ruang rahasia tempat beristirahat dan bersantai dengan suasana yang lebih privasy. Sedangkan ruangan outdoor bisa menjadi tempat yang santai untuk menerima tamu sambil menikmati pemandangan laut dari Ancol Dreamland Park. Terletak di lantai 9 (roof top) Sy buka setiap hari pukul 12.00 - 03.00 WIB.

Selain 3 jenis resto tersebut di atas, selanjutnya kami masih diperkenalkan satu resto lagi. Kali ini selesai acara visit hotel, kami langsung dipersilahkan untuk menuju resto Kembang Goyang yang terletak di lantai 1 (lantai lobby). Buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 23.00 WIB. Memiliki kapasitas 200 kursi, bar, lounge, satu ruang private dan teras di luar. 
Lokasi depan resto Kembang Goyang (dokumentasi pribadi)
Ruang dalam resto Kembang Goyang (foto dari website Discovery Hotel)
Sudah tampak nasi Sudah tampak nasi kuning yang berbentuk tumpeng yang memang sengaja dipersiapkan turut menyambut perayaan hari Kemerdekaan 17 Agustus. Di samping itu, berbagai menu masakan yang sudah dipersiapkan untuk makan malam, antara lain : Ayam Betutu, Nasi Tutug Ciledug, Mie Goreng Aceh, Nasi Goreng Ikan Garupa, Nasi Kebuli, Empal Gepuk, Taoge Goreng dan masih banyak lagi. Sampe bingung saya ngeliatnya....
Menu makan malam resto Kembang Goyang (Dokumentasi pribadi)
Tersaji juga aneka ragam gorengan, dari yang tradisional seperti tempe mendoan, lumpia sampai roti khas betawi yaitu roti buaya dalam bentuk mungil.
Aneka gorengan juga tersedia di resto Kembang Goyang (dokumentsi pribadi)
Kue buaya, kue khas dari Betawi (dokumentasi pribadi)
Setelah puas melihat-lihat berbagai macam jenis masakan yang sudah tersaji, akhirnya sayapun memutuskan untuk segera memulai makan malam. Dan kali ini saya ingin meresapi arti sebuah kemerdekaan lewat makanan. Dengan mencoba merasakan beberapa masakan daerah Indonesia yang sudah ada. Caranya, dengan mengambil sedikit saja masing-masing menu tersebut. Akhirnya, Menu Nusantara ala saya sudah tersaji dalam satu piring yang siap saya santap. Oh ya, tidak lupa saya mengambil Sop Buntut yang katanya asli citarasa dari hotel Borobudur yang melegenda itu.
Nasi campur menu nusantara ala saya (dokkumentasi pribadi)
Sop buntut yang melegenda (dokumentasi pribadi)
Rupanya jamuan dari tuan rumah Discovery Hotel Ancol Jakaarta tidak berhenti hanya sampai tadi malam saja. Keesokan harinya, kami sudah di tantang untuk menjajal menu sarapan yang konon katanya juga tidak kalah spesial. Hemmmmm.... jadi penasaran nih!?
Menu sarapan di resto Kembang Goyang (dok.pri)
Seperti biasa, pilihan menu sarapan yang pertama pasti saya mengambil bubur ayam sebagai makanan pembuka. Sebenarnya banyak pilihan variasinya, seperti kacang kedelai, cakue, suwiran ayam, ikan asin atau suwir telur. Tapi saya lebih memilih cakue, irisan ayam, ditaburi bawang goreng dan sedikit kecap manis. Sudah itu saja sudah cukup bagi saya untuk memancing keinginan sarapan selanjutnya. Rasanya memang hampir sama dengan bubur ayam yang lain, tapi yang istimewa kali ini adanya kerupuk warna warni yang menambah nikmat. Tidak sampai 5 menit semangkok bubur ayam itupun berpindah ke perut saya di temani segelas jus jeruk.


Nah.....biar nggak dikira hoax, saya pasang tuh foto saya sebelum sarapan di Resto Kembang Goyang, Discovery Hotel Ancol Jakarta. Bernarsis dulu nggakpapa dong, yang penting udah mandi hehehehe. 

Karena masih banyak ruang kosong di dalam perut, selanjutnya saya mengambil sarapan yang sedikit "berat". Nsi goreng, mie goreng, kentang goreng, sosis ayam dan sup kacang merah. Bener-bener perpaduan yang pas menurut saya. Pas juga karena momen hari kemerdekaan, dimana tidak ada sekat antara bangsa Indonesia dan bangsa barat. Begitupun dalam hal makanan. Sehingga saya menikmatinya dengan puas karena memang enak banget. Terutama kacang merahnya begitu empuk dengan saus asam manis yang segar. 

Setelah menu utama tandas, saya langsung melahap salad buah. Terdiri dari jagung manis, wortel, selada dan buah zaitun. Meskipun saya sendiri jago dalam membuat salad (sudah ada yang mengakui lo...hehehehe), tapi saya tetap acungi jempol salad dari resto Kembang Goyang ini. 

Menu sarapan "hari merdeka" (dok.pri)
Penampakan salad sebagai dessert pilihanku (dok.pri)

Menutup sarapan pagi saya kali ini adalah secangkir kopi creamer dan roti mentega kismis serta bika ambon. Sungguh sarapan yang sempurna. Apalagi dikelilingi sahabat-sahabat yang baik dan setia.


Sebelum meninggalkan lokasi Resto Kembang Goyang, saya mengambil beberapa foto untuk dokumentasi sejarah perjalanan hidup saya. Bagaimanapun juga, saya sangat bahagia, bangga dan merasa terhormat sekali bisa menjadi tamu di Discovery Hotel Ancol Jakarta. 
Kembang Goyang Bar (foto dari website discovery hotel ancol)

Kongkow cantik bersama sahabat di Kembang Goyang Bar (dok.pri)


Kembang Goyang Outside di waktu malam sangat eksotis sekali (foto dari website descovery hotel ancol)
Di sisi luar Kembang Goyang resto (dok.pri)
Kembang Goyang outside di waktu pagi (dok.pri)
Pemandangan ke arah Dufan dari resto Kembang Goyang (dok.pri)

Terima kasih team Kompasiana yang hebat. Juga manajemen Discovery Hotel Ancol Jakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa menikmati sehari semalam yang menakjubkan di hotel berbintang 4 ini. Saya berjanji untuk kembali pada suatu saat nanti. Dan saya juga berjanji untuk bercerita pada semua sahabat tentang hotel yang keren ini. Karena saya yakin, memilih Discovery Hotel Ancol Jakarta sangat tepat untuk mendapatkan hiburan dan liburan yang nyaman.



Komentar

Postingan Populer