KPK Surabaya Menggerebek Heerlijk Gelato Cafe

Bisnis Kuliner sudah seperti jamur di musim hujan. Begitu juga di kota Surabaya tidak terhitung banyaknya tempat kuliner yang menjanjikan kenyamanan dan kelezatan makanannya. Belum lagi aneka ragam konsep yang tujuannya untuk memberikan ciri khas yang lain dari pada yang lain.

Nah, kali ini KPK Surabaya mendapat tugas untuk menggerebek salah satu cafe yang berani tampil beda itu. Namanya adalah Heerlijk Gelato Cafe. Lokasinya satu gedung dengan Perpustakaan BI (eks Museum Empu Tantular) di jalan Taman Mayangkara No. 6 Surabaya. Posisinya strategis banget. Di antara 2 jalan utama kota metropolis ini yaitu jalan Raya Darmo dan Diponegoro. Pintu masuknya bisa di akses dari sisi ke dua jalan tersebut.

Ketika mendapat undangan dari mbak Didi Cahya - Manager Marketing Heerlijk, yang ternyata adalah sohib lama saya, terpikir untuk memanfaatkan momen tersebut untuk beberapa agenda. Karena undangan juga terbatas, akhirnya saya hanya memilih 10 sahabat Konek untuk bertugas sebagai KPK. Sekaligus mengadakan rapat kecil membicarakan Gathering Komunitas Kompasiana yang sempat tertunda beberapa kali karena sok sibuknya saya. Tetap dengan jurus ngeles, "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali".

Sebelum mencari pewe atau posisi wenak untuk kongkow tentunya, saya menyempatkan diri mengamati interior resto yang hampir semua bernuansa kuno. Tapi justru itulah yang membuat konsepnya jadi lebih istimewa. Interior sudah tertata dari mulai lobi dan sayap kanan pintu masuk perpustakaan BI di mana lokasi cafe ini berada.







Ketika hendak memasuki area cafe, pengunjung sudah di buat tersenyum oleh sebuah tulisan di papan. Meskipun kedengarannya agak kasar, tapi itulah ciri khas dari celotehan arek Suroboyo. Yang lugas dan terbuka.
Dok.: Arif Khunaefi
Tuan rumah yang menjamu sahabat Konek siang ini adalah langsung mbak Didi Cahya sendiri, selaku Marketing Manager Heerlijk Indonesia. Sambil membuka percakapan, beliau bercerita tentang asal muasal nama Heerlijk untuk  resto-resto yang dipunyai oleh mas Aditya Hayu Wicaksono. Heerlijk sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya lezat atau sangat enak. Bisa juga dihubungkan dengan lokasi cafe yang menempati bangunan peninggalan jaman kolonial tersebut. 


Dan satu keunikan lagi dari Heerlijk Gelato Cafe yang lain dari pada resto lainnya adalah identitas dari keanggotaan atau nama kerennya member card. Kalau pada umumnya member card itu berbentuk kartu, kalau di Heerlijk menggunakan tshirt sebagai kartu identitasnya. Harga tshirt sebesar 100 ribu. Tentu saja tshirt tersebut harus di pakai saat berkunjung. Dan otomatis akan mendapat diskon sebesar 20%. Adapun tshirt yang digunakan sebagai kartu member tersebut mempunyai 4 pilihan warna dengan 2 desain. Dan akan tetap berlaku di semua cabang Heerlijk sampai kapanpun, meskipun kondisi tshirt tersebut sudah kumal dan kucel.



Di bawah ini adalah contoh dari buku menu Heerlijk Gelato Cafe, yang terdiri dari nama-nama unik karena di ambil dari bahasa seharian arek Suroboyo. Untuk minuman di sebut juga OMBENAN, sedangkan makananya BADHOG'AN.


Hidangan pertama yang disajikan adalah aneka macam minuman. 

Dok. : Arif Khunaefi
Es Joli Joli
Soda Ayu Tenan
Soda Perawan

Tak lama kemudian, makanan besar ato badhog'an pun keluar. Mata sahabat Konek sudah berbinar-binar melihat hidangan yang tersaji. Tampilannya cukup menggugah selera.
Mie Like This

Segor Bestis (Sego Goreng Bebek Istimewa)


Dessert atau hidangan penutup kemudian di gelar merupakan maestro dari Heerlijk Cafe yaitu Gelato.




Foto di bawah ini adalah teras samping tempat kami menggelar rapat kecil sambil kongkow. Tapi lebih banyak kongkownya daripada rapatnya hehehehe. Karena posisinya di outdoor, sangat nyaman sekali di pakai kongkow sambil menikmati udara sore menjelang sunset. 

Acara rapat kecil selesai. Sudah kenyang dan sudah puas. Acara yang tidak kalah penting kalau sahabat Konek lagi kumpul-kumpul, yaitu "foto session" atau bernarsis ria. Tapi ini memang salah satu acara wajib, karena dokumentasi bagi kami para "blogger dan komunitas" itu sangat penting. 
(Dok.: Tamita W.)



Seru bukan? So, jangan lupa untuk memasukkan Heerlijk Gelato Cafe ke dalam agenda kuliner kamu akhir pekan ini ya? Kalau nggak pengen di bilang "kamu nggak kekinian deh....hehehehe"










Komentar

  1. website yang satu nya lagi udah gak dipakai atau punya 2 makk? btw aku suka banget sama gelato, s krim , dan es.. perbanyak posting makanan enak ya makk.. hihii

    BalasHapus
  2. di pakai semua mak asti.... ini khusus kuliner dan wisata

    maaf mak baru liat hehehe....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer