Pempek Farina dari kaki lima sampai sukses bisnis kuliner di Surabaya

Namanya sudah cukup terkenal dan menjadi jaminan rasa yang cukup digemari oleh para penggemar kuliner tradisional Indonesia. Pempek Farina ternyata sudah 20 tahun mewarnai dunia kuliner Indonesia, khususnya di Surabaya. 

Bapak David Christian selaku Business Development Manager PT. Primaboga Nusantara Inti menyambut ramah kedatangan para foodblogger di gerai Pempek Farina di jalan Rungkut Asri Barat XII No. 13 Surabaya. Beliau juga menceritakan awal perjalanan bisnis Pempek Farina dari mulai membuka di kaki lima sampai mempunyai 20 cabang di Surabaya.

Bapak David juga menjelaskan bahwa awal mulanya Pempek Farina adalah bernama Nyonya Farina. Karena kondisi ekonomi kurang bagus, pak Billy membuka usaha pempek itu dengan gerobak pada tahun 1994. Merk Nyonya Farina digunakan karena itu adalah nama dari ibu pak Billy yang sudah almarhum. Tidak disangka ternyata pempeknya sangat digemari dan akhirnya bisa membuka cabang di mana-mana. 

Di bawah naungan Primaboga Nusantara Inti, di ubah namanya menjadi Pempek Farina. Yang sekarang tidak hanya mengelola Pempek Farina saja, tapi ada juga usaha lain yaitu Petisan Surabaya dan Rawon Ireng. Primaboga Nusantara Inti memiliki visi yaitu menjadi perusahaan kuliner yang menjadi pilihan utama pelanggan dan mengangkat kekayaan kuliner lokal Indonesia sampai ke tingkat international.



Sebelum menikmati Pempek Farina, kami di beri kesempatan untuk mencicipi salah satu menu unggulan yaitu Tekwan. Dan kebetulan saya pertama kali itu mencicipi menu khas Palembang. Tekwan adalah pempek rebus, yang di masak dengan kuah. Disajikan bersama bihun, jamur kuping, bawang goreng dan udang. Paling nikmat dinikmati dalam keadaan panas, dengan ditambahi perasan jeruk nipis serta sambal.

Setelah puas menikmati Tekwan sebagai makanan pembuka. Selanjutnya dihidangkan menu unggulan yaitu Pempek Farina Kapal Selam. Oh iya, ukuran dari pempek Farina itu ada kecil, besar dan super. Dengan komposisi tepungnya yang padat tapi rasa ikan tenggirinya terasa sekali. Kuahnya yang sering di sebut Cuko pempek sangat cocok di lidah orang Surabaya. Tidak terlalu asam. Benar-benar komposisinya sangat pas antara manis dan pedas. Itulah kenapa Pempek Farina menjadi favourite, karena memang kuncinya ada di kuah pempek itu. 


Selain menyediakan makanan matang, pempek Farina juga menyediakan pempek dalam kemasan beku. Dengan tujuan supaya konsumen bisa menikmati dengan cara praktis, yaitu bisa di masak di rumah dinikmati bersama keluarga. 

Pempek Farina juga membuka peluang usaha bagi yang ingin berbisnis, yaitu  membuka franchise dari setahun lalu. Baru dua yang bergabung yaitu di Makassar dan Pasar Atom Surabaya. 

Diharapkan tahun ini franchise Pempek Farina bisa tersebar di mana-mana karena Pempek Farina sudah memiliki branding dan nama yang cukup menjadi jaminan mutu dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Pempek Farina juga akan memroses sertifikasi halal, agar dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen dan menjadi daya tarik bagi rekanan bisnis yang tertarik dengan franchise Pempek Farina.



Komentar

Postingan Populer